Rabu, 10 April 2013

RUQYAH SYAR'IYYAH

RUQYAH SYAR’IYYAH
A.      PENGERTIAN RUQYAH
1.      Secara Etimologi               : Jampi-jampi atau mantera.
2.      Secara Terminologi          : Teknik pengobatan dengan caramembaca beberapa ayat Al-Qur’an dan do’a-do’a yang bersumber dari hadist-hadist dari Rarulullah shallallahu’alaihi wassalam dan atau doa-doa yang bisa dipahami maknanya selama tidak mengandung kesyirikan.
Pendapat Ulama tentang Ruqyah
Imam Nawawi berkata: “Ruqyah dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan dengan do’a-do’a yang telah diajarkan oleh Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wassallam- adalah sesuatu hal yang tidak terlarang. Bahkan itu adalah perbuatan yang disunnahkan. Telah dikabarkan para ulama bahwa mereka telah bersepakat (ijma’) bahwa ruqyah dibolehkan apabila bacaannya terdiri dari ayat-ayat Al-Qur’an atau do’a-do’a yang diajarkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم. [1]

B.      DALIL DIPERBOLEHKANNYA
Dalam Al-Qur’an Al-Karim Alloh سبحانه و تعالى berfirman :
ãAÍit\çRur z`ÏB Èb#uäöà)ø9$# $tB uqèd Öä!$xÿÏ© ×puH÷quur tûüÏZÏB÷sßJù=Ïj9   Ÿwur ߃Ìtƒ tûüÏJÎ=»©à9$# žwÎ) #Y$|¡yz ÇÑËÈ
82.  Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QR. Al-Isro’ :82)
Dan Firman Alloh سبحانه و تعالى dalam surat Fusilat ayat 44 :
öqs9ur çm»oYù=yèy_ $ºR#uäöè% $|ÏJygõƒr& (#qä9$s)©9 Ÿwöqs9 ôMn=Å_Áèù ÿ¼çmçG»tƒ#uä ( @ÏJygõƒ­#uä @Î1ttãur 3 ö@è% uqèd šúïÏ%©#Ï9 (#qãZtB#uä Wèd Öä!$xÿÏ©ur ( šúïÏ%©!$#ur Ÿw šcqãYÏB÷sムþÎû öNÎgÏR#sŒ#uä ֍ø%ur uqèdur óOÎgøŠn=tæ ¸Jtã 4 šÍ´¯»s9'ré& šc÷ryŠ$uZム`ÏB ¥b%s3¨B 7Ïèt/ ÇÍÍÈ
44.  Dan Jikalau kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka[2]. mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh".

Dari Hadits Nabi صلى الله عليه وسلم
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ أَنَّ جِبْرِيلَ أَتَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم  فَقَالَ يَا مُحَمَّدُ اشتَكَيتَ فَقَالَ نَعَم قَالَ بِاسمِ الله أَرقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفسٍ أَو عَينِ حَاسِدٍ الله يَشفِيكَ بِاسمِ الله أَرقِيكَ. (رواه مسلم)
“Dari Abi Said bahwa Malaikat Jibril عليه السلام mendatangi Nabi صلى الله عليه وسلم . Jibril berkata: Wahai Muhammad engkau telah mengaduh? Nabi menjawab: betul. Jibril berkata: Dengan menyebut nama Alloh aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dari kejahatan setiap jiwa, a’in (mata yang mendengki), dengan menyebut nama Alloh aku meruqyahmu (HR. Muslim)

اعْرِضُوا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ بَأْسَ بِالرُّقَى مَا لَمْ يَكُنْ فِيهِ شِرْكٌ
“Perlihatkanlah ruqyah-ruqyah kalian kepadaku, tidak apa-apa dengan ruqyah yang tidak mengandung kesyirikan didalamnya.” (HR. Muslim)

C.       BACAAN-BACAAN RUQYAH
بسم الله الرحمن الرحيم

       أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم  
 أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَاخَلَقَ 
اللَّهُمًّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ اَشْفِ أَنْتَ الشَّافِيْ لَا شِفَاءَ إِلّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
بِسْمِ اللهِ أَرْقِيك مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيك مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيك بِسْمِ اللهِ أَرْقِيك   
أَعُوْذُ بِالله السَّمِيْعِ الْعَالِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَ نَفْخِهِ وَ نَفْثِهِ
بِسْمِ الله وَ قُدرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَ أُحَضِر
1.        Surat Al-Fatihah 1-7
2.       Surat Al-Baqoroh 1-5
3.      Surat Al-Baqoroh  163-164
4.       Surat Al-Baqoroh 255
5.       Surat Al-Baqoroh  284-286
6.       Surat  Al-Imran 18-19
7.       Surat Al-A’raf 54-56
8.       Surat  Al-A’raf 117-122
9.       Surat Yunus 81-82
10.   Surat Thoha 69
11.     Surat Al-Mu’minun 115-118
12.    Surat Ash-Shofat 1-10
13.   Surat Al-Ahqof 29-32
14.    Surat Ar-Rahman 33-36
15.    Surat Al-Hasyr 21-24
16.    Surat Al-Jin 1-9
17.    Surat Al-Ikhlas  
18.    Surat Al-Falaq 1-5
19.    Surat An-Naas 1-6
Selain Surat Al-Fatihah,Al-Baqoroh ayat 1-5, 163-164, 255, 284-286, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas. masing-masing peruqyah mempuyai surat-surat dan ayat-ayat andalan.
Doa dari hadts

حَسْبُنَا الله و نِعْمَ الْوَكِيْل نِعْمَ الْمَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْر
بِسْمِ اللهِ أَرْقِيك مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيك مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيك بِسْمِ اللهِ أَرْقِيك   
بِسمِ الله الّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسمُهُ شَيء فِي الأَرضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيم


D.      SYARAT-SYARAT RUQYAH
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: Para ulama telah bersepakat tentang bolehnya ruqyah ketika terpenuhi tiga syarat:
1.      Menggunakan Kalamullah atau nama-nama dan sifat-Nya.
2.      Menggunakan lisan (bahasa) Arab atau yang selainnya, selama maknanya diketahui.
3.      Meyakini bahwa ruqyah tidak berpengaruh dengan sendirinya, namun dengan sebab Dzat Alloh سبحانه و تعالى
Dengan penjelasan di atas, berarti segala ruqyah yang tidak memenuhi tiga syarat itu tidak diperbolehkan.
“Wallohualambisshowab”

[ Diambil dari berbagai sumber ]




[1] Shahih Muslim bisyarhi An-Nawawi : 14/341
[2] Yang dimaksud Suatu kegelapan bagi mereka ialah tidak memberi petunjuk bagi mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar