Di dalam adat Djawa sering kali kita
jumpai masyarakat Djawa mecari hari baik dalam menentukan hari penting (punya
gawe). Sering kali masyarakat Djawa dengan penuh hati-hati memperhitungkan hari
yang akan dipilh untuk suatu acara gawe. Dalam kepercayaan masyarakat Djawa ada
cerita mengapa masyarakat Djawa pantang sekali terhadap hari-hari tertentu.
Mereka menganggap, bila melanggar hari tersebut maka mereka akan mendapatkan
kesialan atau musibah, entah itu akan menimpa dirinya sendri atau keluarganya,
atau bahkan semuanya. Itu alasan mengapa mereka benar-benar harus hati-hati
dalam memilih hari untuk suatu acara gawe.
Waktu Baik dan Jelek
Anggarakasih (Selasa Kliwon)
Hari Anggarakasih adalah hari Selasa-Kliwon.
Hari ini oleh orang Jawa dan Hindu Bali dianggap keramat. Dipercaya bahwa pada
hari ini Batara siwa turun ke bumi. Dalam tradisi Jawa, bulan yang tidak
memiliki hari Anggarkasih dilarang untuk melaksanakan hajat nikah dan lainnya
Bangas Padewan
Bangas Padewan adalah tanggal dalam
setiap bulan yang dilarang berhajat menikahkan dan sebagainya. Larangan
tersebut diberlakukan karena menurut tradisi Jawa, pada hari itu merupakan hari
kebangkitan Dewa Bangas Padewan yang sering menimbulkan angkara murka di muka
buka. Bangas Padewan diidentikan dengan
kesialan dan kemalangan yang akan dialami orang yang melanggar peraturan
tersebut. Jika dilanggar amat berbahaya, akan mendatangkan kesusahan.
Bulan dan
Tanggal Bangas
|
|
|
1. Sura
|
: 11
|
7. Rejeb
|
: 13 dan 27
|
|
2. Sapar
|
: 20
|
8. Ruah
|
: 4 dan 28
|
|
3.
Rabiulawal
|
: 1 dan
15
|
9. Pasa
|
: 7 dan 20
|
|
4.
Rabiulakir
|
: 10 dan 20
|
10.Sawal
|
: 10
|
|
5.
Jumadilawal
|
: 10 dan 11
|
11.Dulkangidah
|
: 2 dan 22
|
|
6.
Jumadilakir
|
: 10 dan 14
|
12.Besar
|
: 6 an 29
|
|
Tabel. 1
Bulan Baik dan Jelek
Dalam setiap tahun Jawa yang berjumlah
delapan, ada bulan-bulan yang baik dan jelek. Keperluan hajat nikah dianjurkan
dilaksanakan pada bulan dan dihindari pada bulan jelek.
Bulan Baik dan Jelek untuk Hajat Nikah dan Akibatnya
Bulan jelek dalam perhitungan Jawa tak
boleh untuk hajat nikah. Namun bulan-bulan itu memiliki derajat yang
berbeda-beda. Ada yang sama sekali tidak boleh dilanggar. Konsekwensi menikah
pada bulan-bulan tersebut diyakini ada bermacam-macam. Rinciannya sebagai
berikut:
No.
|
Nama Bulan
|
Konsekwensi
|
|
|
1
|
Sura
|
Jangan dilanggar. Jika dilanggar akan
mendapat kesukaran dan selalu bertengkar.
|
|
2
|
Sapar
|
Boleh dilanggar, namun akan kekurangan
dan banyak hutang.
|
|
3
|
Rabiulawal
|
Jangan dilanggar, karna salah satu akan
ada yang meninggal.
|
|
4
|
Rabiulakir
|
Boleh dilanggar, namun akan sering
dipergunjingkan dan dicacimaki.
|
|
5
|
Jumadilawal
|
Boleh dilanggar, namun akan sering
tertipu, kehilangan dan banyak musuh.
|
|
6
|
Jumadilakir
|
Kaya akan harta benda.
|
|
7
|
Rejeb
|
Selamat dan banyak anak.
|
|
8
|
Ruwah
|
Selamat dan selalu damai.
|
|
9
|
Pasa
|
Jangan dilanggar, karena akan mendapat
kecelakaan besar.
|
|
10
|
Sawal
|
Boleh dilanggar, namun akan sering
kekurangan dan banyak hutang.
|
|
11
|
Dulkangidah
|
Jangan dilanggar, akan sering sakit dan
bertangkar dengan teman.
|
|
12
|
Besar
|
Akan kaya dan mendapat kebahagiaan.
|
|
Tabel. 2
Bulan Sarju
Sarju sebenarnya bermakna berkenan atau
setuju. Namun Bulan Sarju dimaknai sebagai bulan sedang, tidak terlalu baik
namun juga tidak terlalu jelek untuk melangsungkan berbagai urusan. Namun
harinya harus diperhatikan. Rinciannya sebagai berikut:
Bulan
|
Hari
|
Besar, Sura dan Sapar
|
: Jumat
|
Rabiulawal, Rabulakir dan Jumadilawal
|
: Sabtu dan Ahad
|
Jumadilakir, Rejeb dan Ruwah
|
: Senin dan Selasa
|
Pasa, Sawal dan Dulkangidah
|
: Rabu dan Kamis
|
Tabel. 3
Hari Jelek untuk Hajat Menikah
Bulan
|
Hari
|
Jumadilakir, Rejeb dan Ruwah
|
: Jumat
|
Pasa, Sawal dan Dulkangidah
|
: Sabtu dan Ahad
|
Besar, Sura dan Sapar
|
: Senin dan Selasa
|
Rabiulawal, Rabiulakir dan Jumadilakir
|
: Rabu dan Kamis
|
Tabel. 4
Hari Jelek untuk Menikah Berdasarkan Kejadian yang Dialami Para Nabi
Ada hari-hari yang dianggap jelek dalam
tradisi Jawa karna diyakini merupakan hari para nabi mengalami hal yang jelek.
Antara lain:
Tgl dan Bulan
|
Keterangan
|
13 Sura
|
: konon pada hari itu Nabi Ibrahim
dibakar oleh Raja Namrud
|
3
Rabiulawal
|
: konon pada hari itu Nabi Adam
diturunkan ke bumi dari surga
|
16 Rabiulakir
|
: konon pada hari itu Nabi Yusuf
dimasukkan ke dalam sumur
|
5
Jumadilawal
|
: konon pada hari itu umat Nabi Nuh
diterjang banjir
|
12 dan 21 Pasa
|
: konon Nabi Musa berperang dengan
Fir'aun pada hari itu
|
24 Dulkangidah
|
: hari ditelannya Nabi Yunus oleh ikan
Paus
|
25 Besar
|
: hari masuknya Nabi Muhammad ke dalam
Gua Tsur
|
Tabel. 5
Tanggal-tanggal ini menunjukkan pengaruh
Islam pada tradisi Jawa. Sayang, aplikasinya justru menjadi hari jelek yang
dipantangkan untuk berhajat. Maksudnya mungkin mengingat sejarah para nabi tapi
terjerumus ke dalam syirik.
Hari Sangar
Secara bahasa sangar berarti
mendatangkan bala dan bencana, angker atau tidak subur. Hari sangar adalah hari
yang jelek, tidak boleh untuk hajat nikah dan hajat lainnya.
Bulan
|
Hari
Sangar
|
Pasa, Sawal dan Dulkangidah
|
: Jumat
|
Besar, Sura dan Sapar
|
: Sabtu dan Ahad
|
Rabiulawal, Rabiulakir dan Jumadilawal
|
: Senin dan Selasa
|
Jumadilawal, Rejeb dan Ruwah
|
: Rabu dan Kamis
|
Tabel. 6
Kunarpawarsa (Tahun Bencana)
Berasal dari kata kunarpa yang
bermakna bangkai atau mayat dan warsa yang beratri tahun. Dalam tahun
Kunarpawarsa hari jelek yang hari jelek yang dilarang untuk menikah dan hajat
lainnya. Hitungannya jatuh pada setiap tanggal 29 atau 30 bulan Besar.
Pantangan Bulan
Menurut primbon, melakukan hajat nikah
dan sebagainya pada bulan-bulan yang jelek akan menimbulkan musibah-musibah
tertentu. Rinciannya sebagai berikut:
Sakit atau kena racun jika melanggar
pantangan bulan Jumadilakir dan Dulkangidah pada tahun Alip
|
Sakit tulang jika melanggar pantangan
bulan Rabiulawal dan Pasa pada tahun Ehe
|
Tewas atau hanyut di sungai jika
melanggar pantangan bulan Rabiulawal dan Besar pada tahun Jimawal
|
Sakit lepra jika melanggar pantangan
bulan Sura dan Sawal pada tahun Je
|
Sakit demam/panas jika melanggar
pantangan bulan Ruwah pada tahun Dal.
|
Tersangkut perkara besar jika melanggar
pantangan bulan Sapar dan Rejeb pada tahun Be.
|
Sakit kepala jika melanggar pantangan
bulan Jumadilawal pada tahun Wawu.
|
Sakit ingatan jika melanggar pantangan
bulan Sura dan Dulkangidah pada tahun Jimakir.
|
Tabel. 7
Perang dan Utang Sesuai Hari Pasaran
Dengan menghitung neptu hari dan pasaran
akan diketahui nasibnya orang yang akan maju berperang, berhutang ataupun
menagih hutang. Caranya neptu hari dan pasaran dijumlahkan, kemudian hasil
penjumlahannya akan menunjukkan nasib sebagai berikut :
Hasil 7, 11 dan 15 lambangnya Janggleng
(buah jati). Jika berperang terasa lambat, sering kembali.
|
Berhutang atau menagih tidak berhasil.
|
Hasil 8, 12 dan 16 lambangnya celeng
(babi hutan). Jika berperang bingung. Berhutang atau menagih
|
gagal.
|
Hasil 9, 13 dan 17 lambangnya Nyangking.
Jika berperang dapat menyelesaikan. Mudah berhutang
|
maupun menagihnya.
|
Hasil 10, 14 dan 18 lambangnya Kiting
(cacat berupa dua jari yang menyatu). Tidak akan terjadi jika
|
mau berperang. Akan gagal jika berhutang
atau menagih.
|
Tabel. 8
Adapun nilai neptu itu sendiri adalah :
Neptu hari
|
|
Neptu
Pasaran
|
Ahad
|
5
|
|
Kliwon
|
8
|
Senin
|
4
|
|
Legi
|
5
|
Selasa
|
3
|
|
Paing
|
9
|
Rabu
|
7
|
|
Wage
|
7
|
Kamis
|
8
|
|
|
|
Jum'at
|
6
|
|
|
|
Sabtu
|
9
|
|
|
|
Tabel. 9
Melihat rumitnya hitungan keberhasilan
berperang serta alternatifnya yang lebih sering banyak gagal (lambat dan sering
kembali, bingung dan batal) daripada yang tidak gagal (itupun sekedar “dapat
menyelesaikan”), mungkin inilah sebabnya orang jawa cenderung antikonflik
apalagi perang. Perang membutuhkan keberanian mengambil keputusan (decisive);
tidak ragu-ragu maupun was-was. Sementara hitungan dan ramalan Jawa justru
melahirkan hal-hal tadi.
Perhitungan Hari Menurut Jam
Barang kali untuk mengatasi kesulitan,
karena banyak dan rumitnya pantangan hari atau waktu yang tidak boleh digunakan
melaksanakan hajat atau bepergian, perhitungan Jawa berusaha “mengakali” konsep
hari dengan jam. Dengan teknik ini, meskipun pada hari itu sebenarnya termasuk
hari naas atau sial, berpergian atau hajat tertentu dapat dilakukan pada jam
tertentu. Caranya dengan memasukkan jam-jamtertentu pada hitungan hari lain.
Contohya Hari Ahad:
Jam 6-8
|
tetap masuk
hari Ahad
|
Jam 8-10
|
dihitung
masuk hari Senin
|
Jam 10-11
|
dihitung
masuk hari Selasa
|
Jam 11-1
|
dihitung
masuk hari Rabu
|
Jam 1-3
|
dihitung
masuk hari Kamis
|
Jam 3-5
|
dihitung
masuk hari Jum'at
|
Jam 5-6
|
dihitung
masuk hari Sabtu
|
Tabel. 10
Misalnya Ahad itu masuk bulan Sura,
sebenarnya Sabtu dan Ahad pada bulan itu termasuk hari sangar. Tapi suatu hajat
bisa saja dilakukan, misalnya bepergian, asal pada jam 8-5 karena dihitung
masuk dalam hari Senin-Jum’at.
Saat Agung
Teknik “mengakali” hari naas dengan
memilih jam juga ada dalam bentuk lain. Segala keperluan bisa dilakukan pada
hari apa saja asal memilih jam yang sesuai dengan Saat Agung. Sistem
perhitungan Saat Agung memiliki tujuh saat, ada yang baik dan ada yang jelek.
Rinciannya sebagai berikut:
Saat yang baik
|
Saat yang buruk
|
Wiji
: bersifat aman, tentram, suka dan senang.
|
Lara
|
Cahya : bersifat terang, pantas, selalu
tercapai maksudnya.
|
Malaekat
|
Rejeki: bersifat menjadi tempat
perlindungan, segalanya tercapai dengan baik.
|
Puji
|
|
Pati
|
Tabel. 11
Saat agung ini memiliki fase yang
berbeda pada setiap harinya. Misalnya pada hari Senin rincian Saat Agungnya
sebagai berikut:
Wiji
|
: jam 6-8
|
Cahya
|
: jam 8-10
|
Lara
|
: jam 10-11
|
Rejeki
|
: jam 11-13
|
Malaekat
|
: jam 13-15
|
Puji
|
: jam 15-17
|
Pati
|
: jam 17-18
|
Tabel. 12
Hitungan Saat Agung ini akan berbeda
untuk setiap harinya. Maka “mengakali” hari naas pun harus melihat tabelnya
dalam primbon.
Saat Tertentu yang Harus Dihindari
Ada saat-saat yang harus dihindari untuk
mengerjakan berbagai keperluan. Misalnya pada hari Ahad, dihindari mengerjakan
keperluan pada jam 10-11 pagi dan jam 5-6 petang.
Hari ini terlihat kontradiktif dengan
konsep perhitungan jam (lihat tabel. 10) yang justru memasukkan jam 10-11 hari
Ahad dalam hitungan hari selasa sehingga boleh saja melakukan suatu keperluan
meskipun pada hari yang naas.
Samparwangke
Samparwangke bermakna tersandung
bangkai. Dalam tradisi Jawa hal ini dianggab naas. Dalam siklus wuku yang 30 ada ada lima wuku
yang memiliki hari samparwangke (hari naas/sengkala) yang jatuh pada ringkel
Aryang. Hari samparwangke hendaknya dihindari untuk mengerjakan sesuatu karena
menjadi hari naas seseorsng. Adapun Wuku yang 30 adalah :
1.
Sinta
|
11. Galungan
|
21. Maktal
|
2.
Landep
|
12. Kuningan
|
22. Wuye
|
3.
Wukir
|
13. Langkir
|
23. Manail
|
4.
Kurantil
|
14. Mandhasiya
|
24. Prangbakat
|
5.
Tolu
|
15. Julungpujut
|
25. Bala
|
6.
Gumbreg
|
16. Pahang
|
26. Wugu
|
7.
Warigalit
|
17. Kuruwelut
|
27. Wayang
|
8.
Waringagung
|
18. Marakeh
|
28. Kulawu
|
9.
Julungwangi
|
19. Tambir
|
29. Dhukut
|
10.Sungsang
|
20. Madhangkungan
|
30. Watugunung
|
Tabel. 13
Adapun Wuku yang
mempunyai hari Samparwangke adalah :
No.
|
Nama Wuku
|
Hari Samparwangke
|
1
|
Warigalit
|
Senin Kliwon
|
2
|
Bala
|
Senin Legi
|
3
|
Langkir
|
Senin Paing
|
4
|
Sinta
|
Senin Pon
|
5
|
Tambir
|
Senin Wage
|
Tabel. 14
Sangarwarsa
Maknanya tahun yang sangar, dilarang berhajat menikahkan dan lainnya.
Hitungannya tetap, jatuh setiap tanggal 3 bulan Sura.
No.
|
Nama Tahun
|
Harinya
|
1
|
Alip
|
Jum'at Legi
|
2
|
Ehe
|
Selasa Kliwon
|
3
|
Jimawal
|
Ahad Kliwon
|
4
|
Je
|
Kamis Wage
|
5
|
Dal
|
Senin Pon
|
6
|
Be
|
Sabtu Legi
|
7
|
Wawu
|
Rabu Paing
|
8
|
Jimakir
|
Ahad Legi
|
Tabel. 15
Taliwangke
Secara bahasa bermakna tali bangkai,
sebuah hari yang naas dan sial. Dalam siklus wuku yang 30, ada eman Wuku yang
memiliki hari Taliwangke. Hari Taliwangke hendaknya dihindari untuk mengerjakan
sesuatu yang perlu. Dengan nama dan lambang khas, hari Taliwangke memiliki
rincian sebagai berikut :
No.
|
Nama Wuku
|
Hari
|
Lambang
|
1
|
Somaye (Wuye)
|
Senin Kliwon
|
Perangkap Burung
|
2
|
Anggarayang (Wayang)
|
Selasa Legi
|
Sinar Berjalan Matinya Sapi Hutan
|
3
|
Bodanep (Landep)
|
Rabu Paing
|
Ikan Pringga Mati
|
4
|
Warigamis (Warigalit)
|
Kamis Pon
|
Manusia Mati
|
5
|
Sukraingan (Kuningan)
|
Jum'at Wage
|
Tumbuh-tumbuhan Rontok
|
6
|
Tumpaklote (Kuruwelut)
|
Sabtu Kliwon
|
Kapas Garing
|
Tabel. 16
Tanggal Naas
Masing-masing bulan
memiliki tanggal naas yang dilarang untuk menggelar hajat nikahan dan
sebagainya.
No.
|
Bulan
|
Tanggal
|
No.
|
Bulan
|
Tanggal
|
1
|
Sura
|
6 dan 11
|
7
|
Rejeb
|
2 dan 14
|
2
|
Sapar
|
1 dan 20
|
8
|
Ruwah
|
12 dan 13
|
3
|
Rabiulawal
|
10 dan 20
|
9
|
Pasa
|
9 dan 20
|
4
|
Rabiulakir
|
10 dan 20
|
10
|
Sawal
|
10 dan 20
|
5
|
umadilawal
|
1 dan 11
|
11
|
Dulkangidah
|
12 dan 13
|
6
|
Jumadilakir
|
10 dan 14
|
12
|
Besar
|
6 dan 10
|
Tabel. 17
Tanggal Sangar
Agar terhindar dari akibat
buruk, segala keperluan yang penting hendaknya menghindari bulan, tanggal dan
hari Taliwangke beriku :
Sura tanggal 11, 14, 17 dan 27 serta
hari Rabu Paing, jika dilanggar akan berakibat halangan yang lebih besar.
|
Sapar tanggal 1, 2, 20 dan 22 serta hari
Kamis Pon, jika dilanggar berakibat sering sakit.
|
Rabiulawal tanggal 10, 13, 15 dan 23
serta hari Jum'at Wage, jika dilanggar berakibat sakit perut.
|
Rabiulakir tanggal 10, 15, 20 dan 25
serta hari Sabtu Kliwon, jika dilanggar berakibat sakit tulang.
|
Jumadilawal tanggal 10, 11, 16 dan 26
serta hari Senin Kliwon, jika dilanggar berakibat sakit tulang.
|
Jumadilakir tanggal 3, 11, 14 dan 21
serta hari Selasa Legi, jika dilanggar berakibat sakit ingatan.
|
Rejeb tanggal 2, 11 dan 22 serta hari
Rabu Paing, jika dilanggar berakibat keracunan.
|
Ruwah tanggal 14, 19, 24 dan 28 serta
hari Kamis Pon, jika dilanggar berakibat keracunan.
|
Pasa tanggal 10, 15, 20 dan 25 serta
hari Jum'at Wage, jika dilanggar berakibat sakit mata.
|
Sawaaal tanggal 2, 17, 20 dan 27 serta
hari Sabtu Kliwon, jika dilanggar berakibat kena perkara.
|
Dulkangidah tanggal 6, 11, 12 dan 21
serta hari Senin Kliwon, jika dilanggar berakibat di dalam rumah bergantian
sakit.
|
Besar tanggal 1, 13, 20 dan 23 serta
hari Selasa Legi, jika dilanggar berakibat kesusahan.
|
Tabel. 18
Konsep Waktu Dalam Islam
Pada dasarnya, dalam ajaran Islam tidak
dikenal waktu berpantang. Waktu, diluar pertimbangan yang bisa diterima oleh
akal sehat, tidak dapat mempengaruhi baik-buruknya akibat sebuah perbuatan yang
dilakukan. Sebab, penentuan baik-buruknya akobat mutlak dari Alloh سبحانه
وتعالى .
Sekali lagi kecuali untuk beberapa sebab
khusus yang sudah ditegaskan oleh sabda Nabi صلى
الله عليه وسلم atau pertimbangan yang bisa diterima oleh
rasio.
Bepergian misalnya. Dapat dilakukan kapan saja. Tidak ada waktu
tertentu yang secara dzatiyah-nya memiliki nilai magis yang dapat
menimbulkan akibat baik atau buruk. Kecuali beberapa pertimbangan logis.
Seperti malam hari, tidak dianjurkan bepergian karena kegelapan yang membatasi
pandangan, sehingga dikhawatirkan akan membuat celaka. Atau, perubahan produksi
hormon di dalam tubuh pada malam hari yang membuat bekerja di malam hari
dianggap tidak baik oleh kesehatan.
Ada juga ketentuan Nabi صلى
الله عليه وسلم yang menekankan keadaan khusus pada waktu-waktu tertentu. Seperti
menjelang malam, kita dianjurkan untuk memasukkan anak-anak kita ke rumah dan
menutup pintu.
Jadi, adanya waktu tertentu yang dinilai tidak baik untuk
mengerjakan suatu perbuatan, dasarnya ada dua
1. Keterangan dari dalil yang jelas (Al-Qur’an dan sabda
Nabi صلى الله عليه وسلم )
2. Pertimbangan yang rasional, logis dan diterima oleh
akal sehat.
Pertimbangan semacam ini diperbolehkan dalam Islam.
Adapun dalam filosofi dan tradisi Jawa, baik-buruknya
waktu tidak didasarkan kepada dua hal diatas. Rata-rata didomimasi kultur Hindu
yang menganggap para dewa-dewa tertentu yang dapat membawa manfaat dan mudharat
(bahaya), atau bahkan sama sekali tidak ada sama sekali tidak ada keterangan
sebab-mussababnya serta penjelasan yang bisa diterima akal sehat. Yang penting
ini hari, bulan atau musim yang baik; lalu yang itu adalah hari, bulan atau
musim yang buruk.
Pertimbangan di luar dalil naqli (keterangan
dari Al-Qur’an dan sunnah) dan dalil aqli (rasio) semacam itu membuat
pelakunya terjebak melakukan kesyirikan, seperti mempercayai adanya sosok
penguasa di waktu-waktu tertentu yang dapat memberi izin, pasti hajat tersebut
sukses. Sebaliknya bila melanggar larangan, pasti bakal celaka.
[ENSIKLOPEDI SYIRIK & BID’AH JAWA Aqwam, Ust.
Fahmi Suwaidi & Ust. Abu Aman]
Dalam siklus satu windu (delapan tahun), tanggal 1 Muharam
(Sura) berturut-turut jatuh pada hari ke-1, ke-5, ke-3, ke-7, ke-4, ke-2, ke-6
dan ke-3. Itulah sebabnya tahun-tahun dalam satu windu dinamai berdasarkan
numerologi huruf Arab: Alif (1), Ha (5), Jim Awwal (3), Zai (7), Dal (4), Ba
(2), Waw (6) dan Jim Akhir (3). Sudah tentu pengucapannya menurut lidah Jawa: Alip,
Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu dan Jimakir. Tahun-tahun Ehe, Dal dan Jimakir
ditetapkan sebagai kabisat. Jumlah hari dalam satu windu adalah (354 x 8) + 3 =
2835 hari, angka yang habis dibagi 35 (7 x 5). Itulah sebabnya setiap awal
windu (1 Muharam tahun Alip) selalu jatuh pada hari dan pasaran yang sama.